Yogyakarta Bukan Tempat Baru untuk Obama, Ayam Ingkung dan Pohon Jambu Jadi Saksi

Yogyakarta Bukan Tempat Baru untuk Obama, Ayam Ingkung dan Pohon Jambu Jadi “Saksi”

Yogyakarta Bukan Tempat Baru untuk Obama, Ayam Ingkung dan Pohon Jambu Jadi Saksi

         YOGYAKARTA,  Setelah Bali, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dijadwalkan melanjutkan liburannya di Indonesia ke sejumlah tempat di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Bagi Obama, Yogyakarta bukanlah tempat baru untuk dikunjungi. Semasa kecil, Obama kerap berkunjung ke Kota Gudeg itu saat liburan sekolah tiba.

Widodo, salah satu pendiri sekaligus pengelola Museum Universitas Gadjah Mada (UGM), mengatakan, Obama kerap menginap di rumah pamannya, Prof.dr Iman Sutiknjo, di Bulaksumur Blok D7 Caturtunggal, Depok, Sleman. Iman adalah Dekan Fisipol UGM pada masa itu. Istrinya merupakan kakak dari Dr Soetoro, ayah tiri Obama.

Baca Juga : Menemukan Makanan India di Jakarta

“Ketika Obama kecil tahun 1967 – 1971, itu sekolahnya kan di Menteng, Jakarta dan kalau libur panjang selalu menghabiskan liburannya di Bulaksumur Blok D7. Karena nenek tirinya juga tinggal di sana,” ucap Widodo, Selasa (27/6/2017).

Widodo menyampaikan, ibu Dr Soetoro sangat menyayanginya. Setiap kali Obama kecil datang berlibur ke rumah di Bulaksumur Blok D7 Caturtunggal, neneknya selalu memanjakannya.

“Neneknya itu sangat sayang sekali dengan Obama. Setiap datang selalu dimanjakan sama neneknya,” tegasnya.

Salah satu bentuk sayang nenek kepada Obama adalah dengan sering membelikan ayam ingkung (ayam utuh).

“Neneknya sayang sekali dengan Obama kecil. Beliu suka membelikan ayam utuh atau ingkung ayam, karena Obama kecil suka ayam ingkung,” ungkapnya.

Selain itu, seperti layaknya anak-anak lainya, Obama kecil selalu mengisi liburannya dengan memanjat pohon jambu yang ada di depan rumah pamannya itu.

“Obama itu dulu sering bermain, memanjat pohon jambu yang di depan rumah,” pungkasnya.3

Support by : kompas.com