Memahami Perbedaan Varian Mitsubishi Pajero Sport

Memahami Perbedaan Varian Mitsubishi Pajero Sport

Memahami Perbedaan Varian Mitsubishi Pajero Sport

April lalu, Mitsubishi melahirkan varian baru Pajero Sport di Indonesia. Mitsubishi Pajero Sport Ultimate melengkapi varian yang sebelumnya telah ada, yakni Exceed, GLX dan juga Dakar. Apa saja perbedaan masing-masing varian tersebut?

Secara tampilan, tidak terdapat perbedaan signifikan. Hanya aksesoris dan fitur-fiturnya saja yang jadi pembeda antara ketiga varian SUV berdimensi panjang 4.785 mm, tinggi 1.815 mm, lebar 1.805 dan wheelbase 2.800 mm ini.

IIMS_Pajero_Sport_Ultimate_4x2 (3)-006

Seperti bagian penerangan misalnya, bila varian Exceed masih mengadopsi lampu depan hologen dan tidak dilengkapi DRL (Daytime Running Light), sementara varian lain, Dakar dan juga Ultimate dilengkapi dengan LED with Auto-leveling Function. Untungnya, lampu kabut sudah tertanam pada setiap varian mobil ini. Begitupun dengan stop lamp, semua tipe juga sudah mengadopsi lampu LED.

Baca Juga : Penghuni Sel Mewah di Lapas Cipinang Akan Dipindahkan ke Nusakambangan

Di bagian moncongnya juga ada perbedaan. Yaitu adanya ornamen krom yang memberikan kesan lebih mewah pada varian Dakar dan Ultimate. Varian Exceed dan GLX memakai velg berukuran 16-inci. Sementara Dakar dan Ultimate lebih besar yaitu 18-inci. Untuk pengereman juga berbeda, bila Dakar dan Ultimate sudah menggunakan rem belakang ventilated disc, sementara Exceed dan GLX masih drum. Dakar dan Ultimate juga sudah dibantu fitur keselamatan Brake Assist. Sedangkan Exceed dan GLX belum. Fitur ABS juga tidak tersedia pada varian terendah mobil ini, Exceed 4×2 MT.

IIMS_Pajero_Sport_Ultimate_4x2 (4)-001

Bagaimana dengan bagian kabinnya? Pada varian Dakar dan juga Ultimate terlihat lebih mewah berkat penggunaan bahan kulit yang membalut kursinya. Tipe Exceed dan GLX masih memakai jok berbahan fabric. Menemukan posisi duduk yang pas untuk pengemudi Dakar dan Ultimate juga lebih mudah karena bisa diatur secara eletrik, sementara untuk Exceed dan GLX masih manual.

Sistem hiburan mobil ini mengadopsi audio 2-DIN dengan layar sentuh berkuran 6.5-inci yang terkoneksi dengan AM/FM Radio, DVD/CD/MP3, Bluetooth, Ipod, Iphone, Ipad, USB Player, dan Navigation System. Bedanya, tipe Dakar 4×4, memakai layar sentuh yang lebih besar yaitu berukuran 7-inci. Semua varian sudah menyediakan tombol audio di lingkar kemudi kecuali GLX. Mitsubishi Pajero Sport juga sudah melengkapi dirinya dengan Dual zone automatic AC .

Selain itu untuk memberikan kesan mewah, pada varian tertinggi mobil ini sudah dilengkapi dengan sunroof. Fitur ini tidak tersedia di varian GLX dan Exceed. Lantas bagaimana dengan fitur keselamatan yang ada pada Pajero Sport. Pada semua varian, fitur keselamatan standar seperti Stability Control, Hill Start Assist, Trailer Stability Assist dan kursi Isofix sudah ada.

Untuk mendukung kenyamanan Mitsubishi juga memberikan fitur Electronic Parking Brake, tilt & telescopic steering, sensor parkir, serta fitur Keyless Entry dengan tombol Start Stop Engine. Untuk tipe Dakar 4×4 juga dilengkapi dengan fitur dial type 4WD selector, terrain mode traction control, all round view camera.

IIMS_Pajero_Sport_Ultimate (2)-001

Untuk varian Ultimate, selain sudah terdapat semua fitur tadi, juga dilengkapi dengan forward collision mitigation system (FCM) yang mampu mendeteksi bila adanya kemungkinan tabrakan dengan mobil di depan. Selain itu ada blind spot warning (BSW), ultrasonic mis-acceleration mitigation system (UMS), adaptive cruise control (ACC), dan active stability & traction control (ASTC) dan 7 SRS airbag. Untuk menambah kenyamanan penghuni kabin satu-satunya Pajero Sport yang dirakit di Indonesia ini, tipe Ultimate juga sudah dilengkapi dengan roof monitor 9-inci.

Ternyata mesin juga ada bedanya. Varian Exceed dan GLX menggunakan mesin lama yaitu mesin 4D56 2.5L DI Commonrail Turbocharged and Intercooled DOHC. Sementara tipe Dakar dan Ultimate menggunakan mesin baru bertekjnologi MIVEC 4N15 2.4L Turbocharged and Intercooled. Mesin ini bertenaga 181 PS dengan torsi 430 Nm jauh lebih besar dari output Exceed dan GLX yang 131 PS dengan torsi 434 Nm.

Varian terendah, yaitu Pajero Sport Exceed 4×2 M/T dijual Rp 447.000.000, dan tipe tertingi, Ultimate 4×2 AT dijual Rp 549.000.000. Selisih harganya hampir Rp 100 juta.

Support by : oto.com