Kapan Penumpang Bisa Masuk ke Kokpit Pesawat?

Kapan Penumpang Bisa Masuk ke Kokpit Pesawat?

Kapan Penumpang Bisa Masuk ke Kokpit Pesawat?

           JAKARTA, Sisi kokpit yaitu ruangan untuk pilot serta kopilot waktu mengemudikan pesawat hawa. Ruangan yang begitu dijaga ketat waktu mengudara itu seringkali bikin penasaran penumpang pesawat.

Di kokpit sendiri ada alat-alat Flight Instrumen serta Flight Control. Flight Instrumen yaitu instrumen-instrumen yang ada didalam kokpit pesawat yang memberi info mengenai kondisi penerbangan dari pesawat yang tengah dikendalikan, seperti ketinggian, kecepatan, serta info lain.

Tetapi, kapankah penumpang bisa masuk kedalam kokpit pesawat? Pengamat penerbangan, Alvin Lie menyampaikan ketika mengudara tidak ada penumpang yang bisa masuk ke kokpit pesawat. Penumpang dapat masuk waktu penerbangan sudah usai.

” Kapten bisa mengizinkan penumpang untuk lihat kokpit waktu penerbangan usai, saat pesawat dalam keadaan parkir di apron, ” kata Alvin waktu dihubungi KompasTravel, Kamis (25/5/2017).

Baca Juga : Ini Isi Surat Ahok untuk Pendukungnya yang Dibacakan Veronica

Alvin menyampaikan sepanjang penerbangan berjalan, pintu kokpit terkunci dengan cara elektronik. Pintu menuju kokpit dapat di buka oleh kapten pesawat memakai remote atau nomor gabungan yang ditekan oleh kru kabin.

Alvin memberikan cuma beberapa orang spesifik yang bisa masuk kedalam kokpit pesawat waktu mengudara. Beberapa orang itu seperti personel yang berlisensi pilot atau instruktur pilot.

” Ke-2 (personel) berlisensi teknisi penerbangan, inspektur penerbangan, serta petugas maskapai yang ditunjuk, ” kata Alvin.

Alvin menjelaskan ketentuan itu ditata ketat untuk keselamatan serta keamanan waktu penerbangan. Diluar itu, lanjutnya, konsentrasi pilot serta kopilot diinginkan tak terganggu.

Support by : kompas.com