Awal Ramadan Jatuh Pada Sabtu 27 Mei 2017

Awal Ramadan Jatuh Pada Sabtu 27 Mei 2017

Awal Ramadan Jatuh Pada Sabtu 27 Mei 2017

       Jakarta – Pemerintah Republik Indonesia lewat Kementerian Agama mengambil keputusan 1 Ramadan 1438 H jatuh pada Sabtu (27/5) besok.

Penetapan berdasar pada hasil sidang isbat di pimpin Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, di Kantor Kementerian Agama, Jalan M. H Thamrin Nomor 6, Jakarta, Jumat (26/5).

Ditulis dari laman resmi Kemenag. go. id. Direktur Masalah Agama Islam, M Tambrin mengemukakan, data hisab yang dikumpulkan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama menyebutkan ijtima mendekati Ramadan berlangsung pada hari ini, sekitaran jam 02. 44 WIB.

Pada hari ini dapat bertepatan tanggal 29 Syaban 1438 H di semua Indonesia, posisi hilal diatas ufuk atau 07 – 08 derajat.

“Secara mufakat disetujui puasa 1 Ramadan 1438 H mulai besok sabtu, bertepatan 27 Mei 2017, ” kata Menteri Lukman.

Baca Juga : Beberapa Petinggi Pemprov DKI Melayat Ridwan Rasyid Baswedan

Diluar itu, berdasar pada penetapan ini, jadi umat Islam di Indonesia mulai lakukan salat tarawih saat malam ini.

Sidang isbat di hadiri oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis, pimpinan organisasi orang-orang Islam, serta beberapa Duta Besar negara-negara Islam, dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar.

Pemantauan Hilal Di Sumut :
Di Sumatera Utara, tim pemantau hilal Pemprovsu mempersiapkan alat serta tim untuk rukyat di Pantai Barus Tapanuli Tengah (Tapteng).

Gubsu T. Erry Nuradi menyampaikan, alat serta tim telah disediakan di pesisir pantai barat Sumut untuk lihat hilal dalam mengambil keputusan satu Ramadan 1438 H, hingga pandangan dapat lebih terang.

” Seperti saya berikan, tahu lantas sesungguhnya hilal itu lebih terang diliat serta lebih dekat bila dia ada di pinggir pantai, ” tuturnya waktu memonitor keadaan hilal dari lantai 9 Kantor Gubernur.

Support by : kompas.com